Daftar Harga Hebel Batako Ringan Per Kubik & Satuan Terbaru 2020

By | April 21, 2020

Temukan Informasi ➤ Daftar Harga Hebel Batako Ringan Per Kubik & Satuan Terbaru Murah untuk Daerah ➤ Bandung, Semarang, Solo, Bogor, Jogja, Tangerang, Bali, Makassar, Samarinda, Bekasi, Purwodadi, Surabaya, Cibinong, Cirebon, Jakarta, Purwokerto, Purbalingga, Kudus, Depok, Cikarang, Medan, Lampung Dll Hanya di ➤ Bursa Bangunan.

Bata hebel atau yang biasa disebut bata ringan adalah salah satu jenis bahan material kontruksi dalam pembuatan rumah atau bangunan yang saat ini bisa digantikan sebagai pengganti bata merah. Sesuai dengan namanya yaitu batako ringan, yang artinya bobot bata ini lebih ringan dibandingkan dengan bata merah. Jika Anda suruh memilih antara bata hebel dengan bata merah kira-kira pilih yang mana?

Bicara pemakaian bata hebel, jenis bahan material ini sering kali digunakan oleh para developer bangunan atau perumahan. Umumnya bata hebel yang sudah berstandart SNI digunakan sebagai pondasi utama pada sebuah bangunan khususnya dinding. Beberapa alasan kenapa hebel banyak penggunanya lantara mempunyai harga yang terjangkau dan mudah dalam proses pemasangan untuk rumah, hotel, apartemen atau proyek lainnya.

Bagaimana cukup menarik bukan? Nah jika Anda belum tahu persis spesifikasi lengkap dari hebel, maka ketahui dulu apa apa itu bata hebel, keuntungan yang akan kita dapatkan dan kekurangan memakai bata hebel berikut ini.

Sejarah Bata Hebel

Kontruksi Hebel

Kontruksi Hebel

Sejak awal tahun 1923 bata hebel sudah dipakai oleh masyarakat Swedia sebagai pengganti bata merah. Kemudian tepat pada tahun 1943, merambat ke negera Jerman digunakan sebagai pengganti bata merah. Pada waktu itu ada seorang ilmuan yang bernama Joseph Hebel yang merombak bata hebel ini menjadi lebih kuat dan kokoh. Maka sangat tidak heran jika penamaan jenis bata ini adalah bata hebel, semata-mata untuk memberikan apresiasi dan bentuk penghormatan kepada Joseph Hebel.

Berjalannya waktu tepatnya pada tahun 1995, akhirnya bata hebel ini masuk ke Indonesia tercinta. Sebelum bata hebel masuk ke Indonesia, sebagian besar masyarakat Indonesia masih memakai bata merah, namun dengan berjalannya waktu mulai mengganti menggunakan bata hebel secara perlahan.

Jenis Bata Hebel

Sebelum Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan bata hebel, maka sangat disarankan mengatahui apa saja jenisnya yang saat ini ada dipasaran. Setidaknya Anda jadi lebih tahu mana yang cocok untuk bangunan kita. Untuk jenisnya ada 2 yaitu Hebel AAC dan Hebel CLC.

Bata Hebel AAC

Gambar Harga Hebel AAC

Gambar Hebel AAC

Hebel Autoclaved Aerated Concrete (AAC) pada proses produksi menggunakan campuran pasi kwarsa, semen, kapur, gypsum, air dan aluminium pasta yang digunakan sebagai bahan pengembang pada proses produksinya. Sebetulnya untuk perbedaan antara hebel AAC dan CLC sangat mudah menebaknya yaitu dari segi warna sudah kelihatan, warna hebel ACC berwarna putih karena dalam proses pembuatan terdiri dari berbagai bahan material.

Dalam proses pembuatan hebel jenis ini, umumnya menggunakan peralatan manual sederhana yang sering diproduksi oleh industri rumahan dengan kapasitas pemproduksian kecil. Mengingat perbedaan jenis hebel dari bahan materialnya, bobot hebel AAC mempunyai bobot lebih ringan dibandingkan jenis hebel CLC. Untuk menambah kekuatan kontruksi dinding rumah menggunakan bata Hebel AAC, Anda bisa menggunakan semen khusus yaitu mortar atau thinbed.

Bata Hebel CLC

Gambar Harga Hebel CLC

Gambar Hebel CLC

Hebel CLC atau Cellular Lightweight Concrete adalah beton konvesional yang digunakan sebagai pengganti kerikil dengan gelembung udara. Pada proses produksi, Hebel CLC ini menggunakan bahan busa organik yang kualitasnya kurang stabil dan akan mengakibatkan tidak adanya reaksi kimia pada saat pencampuran adonan. Busa yang digunakan ini mempunyai kegunaan untuk media pembungkus udara.

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa bata Hebel AAC mempunyai warna putih, dan untuk warna pada hebel CLC adalah abu-abu, itulah perbedaan kalau dilihat dari kasat mata. Kalau bicara bobot, hebel CLC ini lebih berat dibandingkn dengan hebel AAC, karena CLC menggunakan pasir kali atau pasir tambang. Pada proses produksi, hebel jenis ini biasanya menggunakan peralatan yang modern sehingga akan menghasilkan produk berkualitas.

Jika Anda tertarik ingin menggunakan bata hebel CLC, maka bisa menggunakan semen biasa dalam proses pengaplikasiannya, karena dari segi kekuatan sudah cukup kuat. Untuk harga hebel dari kedua jenis tersebut mempunyai perbedaan, namun tidak akan beda jauh.

Kelebihan Hebel

Nah selanjutnya adalah mengenai kelebihan bata hebel yang nantinya akan menguntungkan bagi kita ketika sudah memakai. Apa saja kelebihan bata hebel? Salah satunya tentu memiliki keunggulan dari bata ringan.

  • Mempunyai bobot yang sangat ringan jika kita bandingkan dengan jenis bata biasa.
  • Bentuknya yang lebih besar, sehingga dalam proses pemasangan lebih tertata rapi dan akan membuat dinding lebih rapi.
  • Mempunyai kekuatan sangat baik terhadap goncangan gempa ringan.
  • Hebel terbuat dari bahan yang mengandung kedap air, jadi akan kemungkinan rembesnya lebih sedikit.
  • Tahan api
  • Kedap suara
  • Hemat pemakaian perekat karena memakai hebel tidak memerlukan siar berukuran tinggi pada saat pemasangan.
  • Mudah dipasang karena hebel sangat gampang di bor dan dipotong.
  • Lebih cepat diangkut ke lokasi pembangunan, berbeda dengna bata merah yang terkadang lama karena cukup banyak jumlahnya, mengingat bentuknya yang kecil.
  • Pada proses pemasangan cukup cepat dan mudah, tetunya akan menghemat bayaran tukang harian dan lebih mempersingkat waktu.

Kekurangan Hebel

Walaupun mempunyai banyak kelebihan, bata hebel juga mempunyai beberapa kekurangan. Apa saja? Berikut adalah kekurangannya.

  • Pada saat pemasangan, hebel tidak bisa diaplikasikan dengan semen biasa, yaitu harus memakai semen instan yang biasanya Anda temukan di toko material.
  • Jika Anda memakai tukang harian, maka coba tanyakan dahulu sudah biasa memasang hebel apa belum, karena pada proses pemasangan, hanya tukang tertentu saja yang sudah berpengalaman dibidangnya.
  • Harga hebel lebih mahal dibandingkan dengan bata biasa.
  • Pada saat pemasangan tidak boleh terkena cipratan air, karena bisa memperlambat proses pengeringan.
  • Akan timbul bercak berwarna agak kekuningan jika sampai salah dalam proses pemasangan.
  • Penjualan ditoko bangunan tidak semua menyediakan, biasanya hanya di toko bangunan besar saja atau bisa membelinya dengan sistem PO DP 30%.

Berapa Harga 1 Kubik Hebel?

Banyak sekali yang menanyakan Bata hebel yang bagus merk apa? Nah sebagai bahan referensi untuk Anda, dibawah ini ada tabel Harga Hebel dari berbagai merk yang cukup terkenal kualitasnya.

Merk HebelUkuranHarga/M³
Hebel / Bata Ringan Citicon60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 648.000
Hebel / Bata Ringan Falcon60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 619.000
Hebel / Bata Ringan Grand Elephant60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 648.000
Hebel / Bata Ringan Great Wall60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 599.000
Hebel / Bata Ringan Gracon60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 668.000
Hebel / Bata Ringan Priority One60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 608.000
Hebel / Bata Ringan Bricon60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 618.000
Hebel / Bata Ringan Brix60 x 20 x 7,5 ; 10 cmRp 688.000
Semen Mortar Uzin – Perekat Bata Ringan50 Kg/SakRp 90.000
Eco Mortar40 Kg/SakRp 69.000
SK Mortar40 Kg/SakRp 69.000

Berapa harga 1 batako? umumnya yang dijual adalah per M3. Namun harga satuan bisa Anda konsultasikan ke penjualnya langsung.

Penting…!!! Untuk Harga Hebel diatas bisa saja berbeda disetiap penjual dan kota Anda tinggal, namun tidak akan beda jauh.

Cara Memasang Hebel dan Menghitung Kebutuhan Hebel

Sebelum Anda memutuskan ingin membeli hebel, maka ketahui berapa kebutuhan untuk bangunan kita. Pada tahap ini Anda wajib konsultasikan ke tukang bangunan untuk menanyakan berapa luas bangunan dan berapa hebel yang dibutuhkan. Anda juga bisa melihat video dibawah ini agar lebih jelasnya dan juga ada video bagaimana cara memasang hebel dari tukang profesional.


Bagaimana apakah Anda sudah membaca sampai habis dan jelas? Mudah-mudahan artikel kami saat ini tentang Harga Hebel bisa menjawab pertanyaan Anda. Sebelumnya kami Busa Bangunan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan sumber informasi. Sekian dan wassalam 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *