Mengenal Harga Kayu Gaharu, Jenis dan Manfaatnya Terbaru 2020

By | Juli 12, 2020

Temukan Informasi Harga Kayu Gaharu, Jenis & Manfaatnya Terbaru. Simak Juga Cerita Para Petani Tentang Mengelola Pohon Kayu Gaharu yang Mampu Meraup Milyaran Rupiah Hanya di Bursabangunan.

Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia ada banyak sekali nama dan jenis kayu yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari, bahkan untuk dijual belikan ataupun sebagai bahan pembuatan furniture. Salah satu kayu yang cukup populer akhir-akhir ini adalah kayu Gaharu.

Apakah Anda sebelumnya sudah mendengar apa itu kayu gaharu? Atau sudah tidak asing lagi? Tidak heran jika kayu gaharu populer sekarang ini, karena kayu gaharu mempunyai banyak kegunaannya antara lain sebagai campuran bangunan, karya furniture, berbagai aksesoris dan bahkan bisa juga untuk kesehatan.

Tentang Kayu Gaharu

Gambar Kayu Gaharu

Gambar Kayu Gaharu

Jarang yang mengetahui bahwa kayu Gaharu merupakan salah satu kayu asal Indonesia yang termahal di Dunia. Sangat tidak heran jika kayu Gaharu populer diberbagai negara seperti Singapura, China, Jepang, Arab dan negara lainnya.

Bisa dikatakan harga kayu gaharu ini cukup tinggi, karena populasinya sangat terbatas dan permintaannya sangat banyak.  Kayu Gaharu adalah jenis kayu dari spesies dengan nama latin Aquilaria spp atau Thymelaeaceae. Terhitung ada sekitar 20 spesies kayu Gaharu yang saat ini tersebar di negara Asia Tenggara, Tiongkok sampai India. Sedangkan penyebaran spesies di Indonesia sendiri ada 6 yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Papua.

Karakteristik Pohon Gaharu

Karakteristik Pohon Gaharu

Karakteristik Pohon Gaharu

Umumnya kayu atau pohon Gaharu bisa tumbuh besar dengan ketinggian hingga 35 meter sampai 40 meter, dengan diameter kayu sampai 40 cm hingga 60 cm. Biasanya kualitas kayu Gaharu yang berkualitas atau super mempunyai warna hitam pekat dan mempunyai kandungan resin pada setiap bagian gubalnya.

Pada bagian gubal kayu Gaharu mempunyai aroma wangi dengan ciri khas yang cukup kuat dari kayu ini. Biasanya untuk mengukur kualitas kayu gaharu bisa juga dari aromanya, jika aromanya sangat kuat dan dan wani maka bisa dipastikan kayu Gaharu tersebut sangat berkualitas tinggi.

Pada bagian daun atau godhong pohon Gaharu mempunyai bentuk yang lonjong dan memanjang dengan ukuran 5 cm sampai 9 cm dan lebar 3 cm sampai 5 cm. Uniknya, pada bagian ujung daun runcing dan permukaan daun cukup mengkilap.

Hasil buah dari pohon Gaharu ini mempunyai bentuk bulat oval dengan ukuran panjang antara 3 cm sampai 5 cm dengan warna buah sedikit kemerahan dan permukaan berbulu tipis. Lalu untuk bunga pohon Gaharu ini berwarna hijau kekuningan yang tumbuh pada bagian atas atau ketiak daun. Sering dijumpai juga bunga pohon Gaharu ini bisa tumbuh dibagian ujung ranting, tergantung jenisnya.

Ciri-ciri Kayu Gaharu Super

Ciri-ciri Kayu Gaharu Super

Ciri-ciri Kayu Gaharu Super

Untuk mengetahui jenis kayu Gaharu kualitas super, maka ada beberapa ciri-cirinya yang bisa Anda ketahui dibawah ini:

1. Gubal gaharu super. Ciri-cirinya kayu ini memiliki warna hitam yang cukup merata pada seluruh bagian dan mempunyai aroma harus sangat pekat.

2. Gubal gaharu super A dan B. Kalau bicara perbedaan kualitas, kayu jenis ini kualitasnya dibawah gaharu super. Untuk warna kayunya sedikit coklat kehitaman dan mempunyai aroma wangi.

3. Gubal gaharu sabah super. Kualitas dari kayu ini dibawah gaharu super A dan B, bedanya tidak mempunyai aroma wangi pekat seperti jenis sebelumnya. Kalau untuk warna lebih ke kecoklatan.

4. Gubal gaharu C. Jenis kayu gaharu yang ini merupakan jenis yang baling bawah kualitasnya dengan karakter warna kayu hitam dan mempunyi garis putih. Menurut info yang kami dapatkan, jenis kayu ini lebih rapuh dari jenis lainnya.

Manfaat dan Kegunaan Kayu Gaharu

Manfaat dan Kegunaan Kayu Gaharu

Manfaat dan Kegunaan Kayu Gaharu

Tidak heran jika kayu Gaharu banyak diburu konsumen dalam negeri ataupun luar negeri, tentunya kayu Gaharu mempunyai manfaat  cukup penting. Ketahui dibawah ini apa saja manfaat kayu Gaharu dan kegunaannya:

1. Untuk Bahan Pembuatan Furniture dan Bahan Bangunan

Jika Anda suka dengan selera berbeda dari yang lain, maka cocok sekali hunian rumah dihiasi dengan interior kayu Gaharu. Sebagian besar kayu Gaharu digunakan untuk bahan utama pembuatan kusen, pintu, pelengkap bahan bangunan. Kayu gaharu juga bisa dijadikan bahan perabot dan aneka furniture unik di setiap ruangan rumah.

2. Untuk Kerajinan Pembuatan Aksesoris

Jika Anda sering berkunjung di toko online dan sedang mencari anaek aksesoris, maka akan menjumpai gelang, kalung sampai liontin yang terbuat daru kayu Gaharu. Bahkan kayu Gaharu juga bisa untuk bahan pembuatan tasbih limited edition.

3. Bahan Pembuatan Aneka Kosmetik

Kayu gaharu terkenal dengan aromanya yang wangi dan pekat, maka tidak heran jika kayu ini dijadikan bahan pembuatan aneka kosmetik, parfum bahkan bisa digunakan untuk bahan pembuatan shampo.

4. Sebagai Obat

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik, kayu gaharu juga kerap dijadikan obat atau terapi kesehatan penyakit tertentu. Beberapa manfaat kayu gaharu untuk kesehatan adalah untuk penyembuhan ginjal, diare, asma, sembelit, masuk angin sampai hipertensi.

5. Ritual dan Adat

Didaerah pedalaman atau daerah tertentu khususnya, kayu gaharu selalu dijadikan perlengkap ritual adat istiadat dengan cara dibakar agar mengeluarkan aroma wangi.

Harga Kayu Gaharu

Gambar Harga Kayu Gaharu

Gambar Kayu Gaharu

Seperti informasi yang tadi sudah kami tulis, bahw kayu gahatu merupakan salah satu kayu termahal di dunia. Lalu berapa harga kayu gaharu saat ini? Harga kayu gaharu sendiri dibedakan menjadi beberapa grade, yang artinya dibedakan berdasarkan kualitas resin yang padat.

Dengan gambaran, semakin padat resin maka semakin pula harganya jualnya tinggi atau mahal. Gubal kayu gaharu dengan kualitas super kirng, saat ini harganya sampai ratusa juta perkilonya. Namun, kualitas kayu gaharu super king ini sangat sulit ditemukan.

Sebagai alternatif, saat ini terdapat teknik dalam pengelolaan kayu gaharu dengan cara inokulasi dengan harga kayu gaharu yang lebih murah mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 55 jut per kilonya. Cukup menarik bukan? Sedangkan untuk harga kayu gaharu paling rendah, per kilonya sekitar Rp 300 ribuan dan harga tertingginya bisa sampai ratusan juta perkilonya.

Namun umumnya kayu gaharu yang ada dipasaran ,dibanderol dengan rata-rata Rp 10 juta sampai Rp 35 juta perkilonya. Bagaimana apakah Anda kepingin menanam pohon kayu gaharu setelah mengetahui pasarn harganya? Jika Anda tertarik, silahkan tonton videonya dibawah ini.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang apa itu kayu gaharu dan beberapa penjelasannya. Semoga dapat mengudukasi, dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ataupun sumber informasi. Sekian dari kami dan sukses selalu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *