Daftar Harga Besi Cakar Ayam Sudah Jadi Terbaru 2020

By | April 3, 2020

Temukan Informasi ➤ Daftar Harga Besi Cakar Ayam Sudah Jadi dari Berbagai Ukuran Seperti ➤ 40×40, 50×50 Besi 10, 60×60 Besi 12 Dll Kualitas Terbaik dan Kokoh Hanya di Bursa Bangunan.

Mungkin Anda salah satu orang yang sudah tahu apa itu besi cakar ayam, namun masih banyak sekali orang awam mendengar kata besi cakar ayam. Nah jika salah satu dari Anda yang sedang membaca artikel Harga Besi Cakar Ayam dan belum tahu persis apa itu besi cakar ayam, maka ijinkan kami untuk menjelaskannya.

Umumnya setiap orang yang sedang membangun rumah akan membutuhkan informasi besi cakar ayam, karena material ini bisa dibilang sangat penting untuk kekuatan rumah, tepatnya untuk pendasi rumah. Mengingat fungsinya sangat penting, maka proses pemasangannya pun tidak boleh sembarangan, karena nanti akan mempengaruhi kekuatan bangunan dan keamanan bangunan.

Sejarah & Pengertian Pondasi Cakar Ayam

Gambar Harga Besi Cakar Ayam

Gambar Besi Cakar Ayam

Dikutip dari Wikipedia bahwa kontruksi cakar ayam adalah salah satu teknik pembuatan pada pondasi sebuah bangunan. Awal mulanya ditemukan teknik ini adalah untuk memberi solusi bagi kita semua yang mempunyai masalah pada jenis tanah yang berair atau seperti rawa-rawa. Tahukah Anda bahwa siapa penemu teknik kontruksi cakar ayam?

Kita sebagai masyarakat Indonesia harus sangat bangga, karena teknik kontruksi cakar ayam pertama kali ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961 dan sampai saat ini teknik cakar ayam sudah diakui oleh dunia. Arti dari kata cakar ayam adalah pada bagian bawah pondasi, terdapat rangkaian pipa beton yang mencengkram ke tanah, bisa dikatan seperti kaki ayam.

Dengan kekuatan pondasi cakar ayam, bangunan yang dihasilkan menggunakan cakar ayam tahan gempa dan tidak mudah longsor tanahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Besi Cakar Ayam

Pondasi Cakar Ayam

Pondasi Cakar Ayam

Dibawah ini ada beberapa point yang menjelaskan apa saja yang akan kita dapatkan ketika membangun bangunan menggunakan pondasi besi cakar ayam.

1. Teknik Asli Ciptaan Orang Indonesia

Walaupun teknik dari Indonesia, namun saat ini sudah banyak diakui oleh berbagai negara seperti contohnya Jerman, Prancis, Denmark, Belanda, Italia, Belgia dan Kanada. Untuk nama penemu teknik pondasi cakar ayam tadi sudah dijelaskan pada awal  paragraf.

2. Cocok Diberbagai Jenis Bangunan

Dalam pemakaian besi cakar ayam, sangat bisa dipakai seperti bangunan jalan raya, perumahan, ruko, bandara, aneka gedung tinggi dan bangunan lainnya. Walaupun awal mula besi cakar ayam digunakan untuk penopang tiang listrik tegangan tinggi, namun bisa juga dipakai untuk aneka bangunan.

3, Bisa dipakai untuk Tekstur Tanah Lunak

Pada awal pembahasan sudah dijelaskan bahwa awal mula diciptakan kontruksi cakar ayam adalah untuk membuat solusi bagi kita yang mempunyai tekstur tanah lembek. Walaupun kondisi tanah lembek dan berair, proses pembangunan rumah akan bisa dilanjutkan menggunakan kontruksi cakar ayam. Pondasi cakar ayam juga mampu menjaga terjadinya kerusakan jika sedang terjadi longsor.

4. Tidak Membutuhakn Sistem Drainase

Dalam pembuatan cakar ayam, standartnya menggunakan bahan besi beton padat yang mempunyai kekuatan sangat bagus, sehingga pada pembuatan bangunan tidak membutuhkan sistem Drainase. Dengan demikian akan memangkas proses pengerjaan jadi lebih cepat dan efektif. Untuk informasi besi beton, Anda bisa lanjut artikel Harga Besi Beton.

5. Cocok untuk Bangunan di Indonesia

Mengingat penemu teknik kontruksi cakar ayam ini adalah asli orang Indonesia, maka fungsinya pun sangat disesuaikan untuk kontur tanah di Indonesia, karena wilayah di Indoesia terdiri dari daratan dengan tanah subur, perairan, persawahan dan rawa-rawa. Jadi, teknik ini sangat cocok digunakan di kondisi tanah Indonesia.

6. Memperkuat Sebuah Bangunan

Beberapa kendala ketika membangun rumah adalah tekstur tanah yang lembek. Meskipun demikian, penggunaan pondasi cakar ayam ini mampu memperkuat kontruksi bangunan. Hal tersebut sangat wajar, karena pondasi cakar ayam memakai bahan pipa beton yang dirangkai dan kemudian mencengkram kedalam permukaan tanah dan mampu menopang beban diatas bangunan.

7. Biaya Mahal

Walaupun kontruksi besi cakar ayam mempunyai banyak kelebihan yang sudah disebutkan diatas, cakar ayam juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu biaya yang dikeluarkan lebih mahal jika dibandingkan dengan pondasi konvensional. Beberapa hal yang menjadi mahal adalah memerlukan bahan material dan tidak bisa semua dikerjakan dengan manual, melainkan memakai alat bantuan.

8. Tidak Cocok untuk Bangunan Kecil

Pondasi cakar ayam diperuntukan untuk proyek pembangunan infrastruktur berskala besar. Jika Anda tertarik ingin memakai kontruksi cakar ayam, sayangnya tidak cocok untuk bangunan rumah atau bangunan kecil lainnya. Faktornya bukan hanya dari segi bangunan saja, namun jika kita hitung biaya produksinya tidak imbang dengan bangunannya.

Untuk Anda yang ingin membangun rumah 1 lantai, alangkah baiknya menggunakan jenis pondasi dengan estimasi biaya tidak banyak.

9. Proses Pemasangan Kontruksi Cakar Ayam Rumit

Tidak heran jika kekuatan pondasi cakar ayam sangat kuat, karena pada proses pengerjaannya cukup rumit harus memakai rumus tertentu. Maka sangat tidak heran, jika jenis kontruksi pondasi cakar ayam disukai banyak orang yang digunakan untuk menambah kekuatan sebuah bangunan.

Jika Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan besi cakar ayam, maka silahkan ketahui berapa harga besi cakar ayam dipasaran yang sudah jadi atau sudah dirakit.

Daftar Harga Besi Cakar Ayam

Jenis Cakar AyamUkuranHarga
Besi 840 x 40Rp 80.000
Besi 1040 x 40Rp 106.000
Besi 850 x 50Rp 96.000
Besi 1050 x 50Rp 140.000
Besi 1250 x 50Rp 179.000
Besi 860 x 60Rp 114.000
Besi 1060 x 60Rp 159.000
Besi 1260 x 60Rp 185.000
Besi 1080 x 80Rp 215. 000
Besi 1280 x 80Rp 240.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 840 x 40Rp 88.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1040 x 40Rp 114.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 850 x 50Rp 107.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1050 x 50Rp 145.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1250 x 50Rp 219.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 860 x 60Rp 125.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1060 x 60Rp 169.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1260 x 60Rp 216.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1080 x 80Rp 224.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1280 x 80Rp 288.000

Penting…!!! Untuk Harga Besi Cakar Ayam diatas bisa saja berbeda dikota Anda tinggal, namun tidak akan beda jauh seperti di kota Tegal, Solo, Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Tangerang, Bekasi, Bali, Purwokerto dan kota lainnya.

Cara Menghitung Volume & Biaya Pondasi Cakar Ayam

Jika Anda sudah mengetahui berapa harga besi cakar ayam, maka saatnya Anda mengetahui berapa biaya dan apa saja bahan baku yang Anda butuhkan. Informasi dalam bentuk video supaya Anda tidak gagal paham dan lebih jelas dengan penyampaiannya.

Cara Memasang Pondasi Cakar Ayam

Nah setelah Anda sudah tahu kelebihan kekurangan, harga besi cakar ayam, cara menghitung biaya atau kebutuhan pembuatan cakar ayam, maka saatnya Anda mengetahui bagaimana cara memasang pondasi cakar ayam dalam bentuk video dibawah ini.

Bagaimana setelah Anda membaca artikel diatas? Mudah-mudahan ada gambaran ya jika Anda sedang ingin membangun rumah atau bangunan lainnya terkat besi cakar ayam. Apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel atau sumber informasi, kami Bursa Bangunan sebelumnya meminta maaf sebesar-besarnya. Sekian dan wassalam 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *