Daftar Harga Bambu Per Batang Semua Jenis Terbaru 2020

By | April 30, 2020

Temukan Informasi ➤ Daftar Harga Bambu Per Batang Semua Jenis untuk Kebutuhan Rumah dan Kerajinan Tangan Seperti ➤ Bambu Petung , Kuning, Dampit, Apus Dll Hanya di Bursa Bangunan.

Kalau kita bicara soal bambu mungkin sudah tidak asing lagi bukan di permasyarakatan Indonesia? Populasi pohon bambu ini tidak hanya di Indonesia saja, namun ada juga di berbagai negara terutama yang mampunyai iklim tropis seperti benua Asia, Afrika sampai Australia. Bambu umumnya sangat akrab dikehidupan masyarakat pedesaan ataupun dusun yang digunakan keberbagai kebutuhan.

Contoh pemakaian bambu pada pedesaan adalah untuk bahan bangunan, tiang, dinding, atap, peralatan dapur dan kerajinan tangan lainnya. Kalau bicara manfaat pada bambu selain untuk bangunan rumah ini cukup banyak seperti contohnya untuk pembutan kerajinan tangan unik, sebagai alat tradisional, sebagai alat pembuatan makanan dll.

Sekilas Tentang Bambu

Gambar Bambu

Gambar Bambu

Dikutip dari Wikipedia, Bambu adalah jenis tanaman rerumputan berongga dan terdapat ruas pada batangnya. Secara keseluruhan populasi bambu di Dunia memiliki 75 genus dan terdiri dari 1.500 jenis. Beberapa jenis tepatnya 125 jenis tersebar di wilayah Indonesia dan tumbuh di berbagai iklim. Sebutan nama bambu yang lain adalah buluh, aur, dan eru.

Salah satu tanaman di dunia yang memiliki pertumbuhan paling cepat adalah bambu ini. Hal tersebut dikarenakan bambu memiliki sistem rhizoma-dependen unik. Pertumbuhan pohon bambu sangat identik dekat dengan air, karena pohon bambu adalah jenis tanaman yang memerlukan banyak air. Mengingat bambu sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan, maka sangat tidak heran jika bambu selalu banyak peminatnya.

Fungsi Bambu

Selain batang bambu yang memiliki banyak manfaat, akar bambu pun mempunyai beberapa manfaat terutama untuk penahan erosi untuk mencegah terjadinya banjir, menyerap limbah dan menyaring melalui serabut akar dan juga mampu menampung mata air utuk persediaan air bersih sumur pada musim kemarau. Nah dibawah ini juga ada beberapa pemakaian bambu yang umumnya dipakai di Indonesia.

  • Sebagai penahan berbentuk tiang untuk struktur proses bangunan cor beton. Cor beton umumnya yang menggunakan rakitan besi beton dan besi wiremesh.
  •  Dipedesaan atau rumah klassic, bambu batangan digunakan untuk tiang. Nah disini bambu yang dipakai adalah jenis bambu yang mempunyai umur tua sehingga mampu menopang beban tahan lama dan lebih kuat.
  • Pohon bambu kalau di olah, dibentuk dan di anyam bisa dijadikan dinding rumah atau rumah sawah atau saung. Orang pedesaan menamakannya gedeg dan orang perkotaan menamai anyaman bambu.
  • Pohon bambu yang di belah, di tata dan dihaluskan, bisa digunakan untuk lantai. Biasanya pemakaian bambu untuk lantai sering kita jumpai para pedagang dipinggir jalan.
  • Pembuatan rangka atap rumah atau bangunan umumnya menggunakan kayu dan baja ringan, bambu juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan rangka atap. Namun tidak disarankan pembangunan berskala besar, dan hanya untuk bangunan ringan saja.
  • Sebagai bahan pembuatan furniture seperti kursi bambu, ranjang anak bambu, meja makan bambu dan kreasi lainnya.
  • Jika Anda punyai jenis tanaman yang membutuhkan penyangga, maka bambu bisa difungsikan sebagai tiang penyangga yang di tancapkan ke tanah agar berdiri dengan tegak.
  • Bambu bisa dipakai untuk pembuatan agar rumah. Pembuatan pagar bambu cukup mudah, tinggal di belah, di bentuk, di haluskan dan disambungkan dengan paku.
  • Bambu bisa juga untuk pembuatan pintu rumah. Jenis pintu rumah yang menggunakan bambu ini sangat mudah kita jumpai di area pedalaman dan pedesaan.
  • Dijaman modern sekarang ini pembuatan plafon menggunakan jenis Plafon PVC, namun beda cerita pada jaman dahulu, pembentukan plafon dan penutup langit-langit menggunakan anyaman dari bambu.

Jenis Bambu untuk Bangunan

Gambar Bambu untuk Pembuatan Cor Beton

Gambar Bambu untuk Pembuatan Cor Beton

Nah disini kami kami akan memberikan informasi jenis bambu yang umumnya dipakai untuk pembangunan rumah atau bangunan. Ada 3 jenis bambu yaitu :

1. Bambu Petung

Bambu batu atau yang akrab disebut petung adalah jenis bambu yang bisa mencapai diameter 20 cm dan panjang 25 meter. Bisa dikatan jenis bambu ini mempunyai ukuran besar dan mempunyai ketahanan cukup bagus. Penggunaan bambu ini biasanya dipakai untuk penyangga sebuah bangunan, kayu lapis, furniture, anyaman/gedeg, peralatan pertanian dan dipakai sebagai bahan industri pulp dan kertas.

2. Bambu Hitam

Sesuai dengan namanya, yaitu jenis bambu ini mempunyai warna unik yaitu hitam, Bambu hitam ini juga akrab sekali di namai bambu wuluh atau bahasa jawanya pring wuluh. Pertumbuhan bentuk bambu wuluh ini bisa mencapai diameter 14 cm dan panjang 20 meter. Jenis bambu ini biasanya digunakan sebagai pembuatan alat musik seperti angklung, gambang, calung dan celempung.

Tidak hanya itu saja, bambu hitam ini juga biasa digunakan untuk pembuatan kerajinan tangan dan aneka furniture karena bambu ini tahan sama hama.

3. Bambu Apus

Bambu apus juga sering kali disebut pring apus oleh masyarakat jawa khususnya. Bambu ini bisa dikatakan bambu berdiameter paling kecil dari sebelumnya yang kami sebutkan, yaitu mempunyai diameter 4 sampai 10 cm. Pemakaian bambu jenis ini biasanya digunakan untuk pagar tanaman hias, peralatan mancing, aneka kerajinan tangan seperti lemari buku, industri pulp dan kertas.

Kelebihan Bambu

Tidak lengkap jika kami tidak berikan informasi kelebihan pemakaian bambu untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah kelebihannya,

  • Ada beberapa penelitian mengatakan bahwa pemakaian bambu lebih kuat jika dibandingkan dengan beton dalam struktur.
  • Mempunyai sifat mekanik cukup baik.
  • Mudah diaplikasian kemana saja, dan juga mudah dibelah, dipotong dan pembentukan.
  • Mempunyai karakteristik elastis dalam menahan beban, tarik, dan tekuk.
  • Harga bambu sangat murah.
  • Ramah lingkungan.
  • Mampu mencegah terjadinya banjir dan erosi.
  • Mempunyai bobot ringan

Kekurangan Bambu

Walaupun bambu mempunyai banyak kelebihan, bambu juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu :

  • Mudah lapuk, mudah terbakar dan tidak tahan air.
  • Beberapa jenis bambu ada yang mudah terkena bubukan, rayap, jamur dan lumutan.
  • Mempunyai umur pendek.
  • Dalam pemakaiannya, bambu memiliki beberapa teknik yang cukup sulit seperti penyambungan ke berbagai bahan lainnya.

Mitos Bambu

Menurut ilmu Feng Shui bambu dipercaya membawa rezeki baik si pemiliknya. Hal tersebut ada kaitannya dengan tanaman bambu mewakili elemen seperti elemen air, kayu, tanah, logam dan api. Bambu yang masuk kretiria ini adalah bambu berukuran kecil yang identik dengan pita warna merah yang mengikatnya.

Biasanya bambu unik ini diletakan pada area tertentu disekitar rumah atau bangunan yang sudah diperhitungkan Feng Shui. Untuk masalah ini bagi yang mempercayai saja, dan belum tentu kebenarannya.

Berapa Harga Bambu Per Batang?

Setalah sudah membaca apa itu tentang bambu dan manfaatnya, maka saatnya untuk mengetahui berapa harga bambu berbagai jenis dipasaran.

Tabel Harga Bambu Per Batang

Tabel Harga Bambu Per Batang Sumber : Sahabatbambu

Harga Bambu Unik

Nama Bambu UnikHarga
Batang Bambu Kuning untuk Ornamen dan Pagar Panjang 100cm (1meter) Diameter 3cmRp 25.000/Batang
Bambu Kuning Tanaman Pagar Terbaik Tinggi 2,20cm - 2,50cmRp 55.000/Rumpun isi 4-5 Batang
Bambu Pring Patil Lele Asli Alami IstimewaRp 4.000.000
Tanaman Hias Bambu AirRp 10.000
Bambu Dampit Asli NaturalRp 1.000.000
Bambu Buta (buntu tanpa lubang) Asli 100%Rp 4.000.000
Bambu Tumpang Sari Unik Koleksi Asli AlamRp 400.000
Bambu Kendit CombongRp 1.000.000
Pohon Bambu Jepang -Pohon Pagar PelindungRp 20.000/Rumpun isi 3 Batang

Apakah Ada Harga Bambu Petuk Asli?

Berita terkait adanya bambu petuk yang memang benar-benar asli sampai saat ini tidak transparan secara publik keberadaannya. Rumornya keberadaan batu petuk yang asli sangat susah dicari dan hanya orang tertentu saja yang mampu mendeteksi atau bertemu bambu petuknya. Untuk harga bambu petuk yang asli buatan dari alam menurut sumber yang kami kutip dari Youtube resminya Paul Hendrawan bisa mencapai 10 – 30 milyard.

Perkara benar atau tidaknya harga bambu petuk asli, belum terlalu dapat dipercaya lantaran tidak ada yang transparan mengenai ini.

Teknik Melubangi Bambu Secara Manual dan Penyambungan

Untuk Anda yang mencari informasi harga bambu untuk keperluan bangunan, tentunya membutuhkan cara bagaimana membuat sambungan dan melubangi secara benar dan presisi. Nah dibawah ini Anda bisa lihat caranya dalam bentuk video.


Mungkin kurang lebihnya seperti itu untuk pembahasan tentang harga bambu dari berbagai jenis. Sebelumnya kami dari team Bursa Bangunan mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dalam penulisan ataupun sumber informasi. Sekian dari kami dan salam sukses selalu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *