Daftar Harga Baja Ringan Per Batang & Per Meter Terbaru 2020

By | Maret 14, 2020

Temukan Informasi ➤ Harga Baja Ringan Per Batang & Per Meter Terbaru. Ada Beberapa Jenis Merk Seperti ➤ Taso, Kencana, Hollow, Kanal C, Spandek Dll Terbaik ✓ Hanya di Bursa Bangunan Lengkap.

Dalam perencanaan renovasi rumah ataupun membangun rumah memang harus matang. Pada hal ini Anda sangat direkomendasikan berkonsultasi sama tukang bangunan ahli ataupun jasa kontraktor rumah untuk mengetahui bahan apa saja yang diperlukan dan rincian RAB secara lengkap.

Sebisa mungkin bahan baku yang dipilih memang benar-benar mempunyai kualitas bagus, kuat dan tahan. Beberapa bahan material pokok merenovasi atau membangun rumah adalah semen, batu bata, cat tembok, aneka besi, kayu, bambu, genteng, baja ringan dll. Khusus untuk Baja Ringan, kebetulan pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membagikan informasi terkati Harga Baja Ringan.

Apa Itu Baja Ringan?

Gambar Rangka Atap Baja Ringan

Gambar Rangka Atap Baja Ringan

Dikutip dari Wikipedia, Baja  Ringan adalah baja karbon yang mempunyai tekstur kaku dan kuat yang sering digunakan untuk bahan sebuah kontruksi. Baja Ringan mempunyai feromagnetisme (magnet) yang artinya bisa juga digunakan untuk rangka mobil. peralatan listrik dan senjata api.

Namun dalam istilah pembangunan rumah, baja ringan sangat berperan penting sekali khususnya untuk rangka atap rumah. Rangka atap yang saat ini lagi trend dan banyak digunakan banyak orang adalah Baja Ringan. Selain bentuknya yang kokoh, tahan korosi, bobot ringan, baja ringan juga sangat mudah dalam pemasangannya, berbeda dengan jenis rangka yang menggunakan kayu.

Kelebihan Baja Ringan

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai rangka atap rumah menggunakan baja ringan, maka perlu sekali mengetahui beberapa kelebihan baja ringan untuk menambah pengetahuan dan bahan referensi.

1. Tahan Karat dan Tahan Rayap

Rangka atap menggunakan kayu memang sudah dari dulu sudah ada dan sampai sekarang pun masih ada yang menggunakannya. Namun berjalannya waktu, rangka atap rumah mulai berpindah menggunakan baja ringan dengan alasan anti rayap, berbeda dengan kayu yang lama kelamaan bisa rapuh dan rayapan.

Tidak hanya itu saja, baja ringan juga mempunyai sifat anti karat karena bahan proses pembuatan baja ringan menggunakan campuran material logam. Dengan demikian akan memudahkan kita dalam perawatan.

2. Proses Pemasangan Mudah

Mengingat bobot baja ringan cukup ringan, dalam pemasangannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga khusus tambahan. Berbeda dengan jenis rangka lainnya yang terkadang membutuhkan banyak tenaga untuk hasil maksimal.

Dengan demikian maka proses pemasangan rangka lebih cepat dan tidak memakan biaya tambahan untuk menambah atau memperlama proses pemasangan, sehingga biaya yang dikeluarkan kita pun semakin murah.

3. Daya Tahan Lama

Baja ringan mempunyai sifat tidak mudah lapuk dan juga mengalami penyusutan, berbeda dengan kayu. Maka dari itu ketahanan baja ringan cukup lama, kokoh dan tetap stabil. Walaupun lebih lentur, namun cukup bagus jika kita bandingkan dengan baja konvensional.

4. Mudah Dibentuk & Disambung

Mempunyai rumah impian memang hal wajar bagi setiap orang, namun dalam pembentukan rumah impian memang tidak mudah. Dengan adanya baja ringan, Anda akan cukup mudah dalam membentuk rangka atap rumah sesuai keinginan. Pada pemasangan, baja ringan sangat mudah untuk dipotong dan diaplikasikan keberbagai bahan material lainnya.

5. Mudah Didaur Ulang

Pada pemasangan rangka atap baja ringan biasanya terdapat sisa-sisa potongan, nah sisa potongan tersebut bisa Anda gunakan di kontruksi rumah lainnya karena mempunyai daya tahan kuat dan taha lama. Bahkan Anda juga bisa membongkat material dengan cara melelehkan dan dibentuk sedemikian rupa ataupun bisa juga dipakai untuk pondasi rumah.

Tentunya dengan Anda memakai baja ringan, nantinya akan menghemat kayu dan mengurangi penebangan pohon di hutan dan lingkungan kita, sehingga akan menjadi lestari. Cara ini merupakan salah satu dukungan kita terhadap pemerintah dalam menghemat pemakaian kayu.

6. Sifat Seragam

Dalam proses produksi, baja ringan diproduksi sesuai standart mutu pabrik yang segaram kualitasnya, jadi mutunya akan konsisten dalam penggunaan.

Kekurangan Baja Ringan

Walaupun mempunyai banyak kelebihan, kontruksi menggunakan bahan baja ringan juga mempunyai kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya :

1. Harga Tergolong Mahal

Mengingat kualitas dari baja ringan cukup bagus, tentunya harganya pun juga bagus. Harga baja ringan untuk per 6 cm dibanderol mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 120.000, harga baja ringa  tersebut tentunya dilihat dari merk yang akan Anda pilih.

2. Rentan Terbawa Angin

Seperti yang sudah kami jelaskan dikelebihan baja ringan, bahwa bobot baja ringan tergolong ringan, jadi kemungkinan terkena angin akan terbawa. Sangat dianjurkan pada pemasangan rangka baja ringan benar-benar sesuai dengan standart bangunan dan memakai jasa yang ahli dibidangnya.

Umumnya disambungan rangka baja ringan hanya memakai baut, jadi rentan sekali lepasnya jika terkena angin besar. Maka dari itu buat Anda yang berlokasi di daerah yang sering hujan dan angin, wajib memakai tukang profesional.

3. Terlihat Kurang Rapi

Berhubung atap rumah Anda akan menampung beban yang berat, maka biasanya kontruksi rangka atap wajib rapet dan padat. Ini akan menjadi terlihat kurang rapi khususnya jika Anda memakai genteng transparan, maka dari itu Anda wajib sekali memakai penutup yang mampu menutupi rangkaian baja ringan tersebut.

Jenis Baja Ringan

Setelah Anda membaca kelebihan dan kekurangan baja ringan, maka kini saatnya memilih merk ataupun jenis baja ringan yang umumnya ada di Indonesia. Dibawah ini lebih lengkapnya :

Trus / Kaso Profil C / W

Gambar Harga Baja Ringan Trus, Kaso Profil C, W

Gambar Baja Ringan Trus, Kaso Profil C, W

Yang pertama adalah baja ringan Taso yang seperti Anda lihat contoh gambar diatas. Bahan yang dipakai baja ringan ini plat baja dengna gaya tarik tinggi ( G550 ) atau baja ringan dilapisi dengan seng dan aluminium atau yang bisa disebut Zincalume/Galvalume.

Maka tidak heran jika jenis baja ringan ini anti rayap dan anti karat. Umumnya baja ringan ini digunakan sebagai rangka atap utama. Untuk Harga Trus / Kaso Profil C / W ini dibanderol mulai dari Rp 78.000 dengan tebal 0,60 dan panjang 6 meter.

Reng / Profil B

Gambar Harga Baja Ringan Reng atau Profil B

Gambar Baja Ringan Reng atau Profil B

Kalau dilihat dari segi bentuk memang mirip seperti Trapesium yang mempunyai ketebalan lebih tipis dari jenis baja ringan. Umumnya baja ringan ini memiliki ketebalan mulai dari 0,45 mm dan tinggi 28 mm sampai 40 mm. Berhubung bentuknya yang lebih ramping, maka baja ringan ini biasanya dipakai untuk batang penahan genteng.

Untuk Harga Baja Ringan Reng atau Profil B ini dibanderol mulai dari Rp 40.000 dengan ukuran tebal 0,45 dan panjang 6 meter.

Taso

Gambar Harga Baja Ringan Taso

Gambar Baja Ringan Taso

Baja Ringan ini umumnya memiliki ukuran tebal 0,75 mm & 1 mm, tinggi 7,5 cm, lebar kaki 3,5 cm dan panjang 6 meter per batangnya. Untuk Harga Baja Ringan Taso dibanderol mulai dari Rp 120.000 dengan ketebalan 1mm.

Berhubung ada cukup banyak harga baja ringan dari berbagai ukuran yang perlu Anda ketahui, maka kami sudah rangkum dalam bentuk tabel harga baja ringan dibawah ini.

Daftar Harga Baja Ringan Perbatang

Tabel Harga Baja Ringan

Tabel Harga Baja Ringan Murah

Tabel Harga Baja Ringan Murah Sumber : Indojayamix

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Jika Anda sudah mengetahui kelebihan, kekurangan dan harga baja ringan, kini saatnya Anda mengetahui berapa total baja ringan yang kita butuhkan. Silahkan Anda simak video dibawah ini, lengkap penjelasan beserta gambarnya.

Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Langkah selanjutnya setelah melihat video berapa jumlah yang kita butuhkan dan posisi Anda sudah mau beli, maka tidak ada salahnya jika Anda melihat video dibawah ini yang menjelaskan tentang bagaimana cara memasang rangka atap menggunakan baja ringan. Walaupun bukan Anda yang pasang, tapi Anda sangat penting sekali mengetahui ilmunya, agar bisa mengewasi tukang ketika sedang proses pemasangan.

Jika Anda sudah menentukan rangka atap memakai baja ringan, maka kini saatnya memilih merk dan jenis genteng yang cocok untuk rumah Anda. Untuk Anda yang membutuhkan informasi genteng, bisa baca artikel Harga Genteng Jatiwangi, Harga Genteng Metal, Harga Genteng Keramik, Harga Genteng Karang Pilang dan Harga Genteng Beton.

Bagaiamana setelah membaca artikel diatas? Nah sedikit tips saja untuk Anda yang ingin memakai rangka atap baja ringan, silahkan membeli toko material yang terpercaya, kalau bisa Depo Bangunan dan memilih jasa pasang rangka atap baja ringan murah dan juga bergaransi serta terpercaya.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan tentang Harga Baja Ringan Per Batang dan Per Meter. Kami sebelumnya mohon maaf apabila dalam penulisan kalau ada kesalahan dan sumber informasi. Sekian dan wassalam 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *